Hentikan Link Building dan Mulai Berinteraksi dengan Pengunjung

Link Building merupakan salah satu kunci dari teknik SEO yang dapat membantu website kita meraih peringkat tinggi di mesin pencari, dengan demikian website kita akan lebih mudah terlihat oleh pengunjung menggunakan keyword tertentu. Jika kita ingin membuat bisnis lebih personal dan membuat koneksi bisnis jangka panjang, tidaklah mungkin hanya mengandalkan link building. Sangat penting untuk menjaga hubungan dengan pelanggan dengan menghargainya sehingga pada suatu saat pelanggan dapat kembali ke website kita.


Di Seluruh dunia, bisnis dijalankan dengan website yang sangat populer agat dapat berinteraksi dengan pelanggan pada level personal.  Hal tersebut lebih dimungkinkan dengan menjamurnya media social network seperti facebook fan page, youtube, blog, dan lain-lain yang dapat memfasilitasi kreativitas dari pelanggan, sehingga penjualan dapat meningkat dengan dibantu oleh promosi dari mulut ke mulut. Hal ini merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan reputasi online kita sekaligus membangun kepercayaan bisnis.


Berikut ini ada beberapa metode untuk lebih memahami pengungjung website kita :


Ketahui apa kebutuhan pelanggan


Banyak perusahaan fokus pada bagaimana pelanggan mengetahui mereka, namun gagal untuk merealisasi apa yang sesungguhnya penting yaitu kebutuhan pelanggan dan bagaimana memenuhinya. Walaupun jasa, harga, kualitas dan keamanan adalah salah satu keinginan pelanggan, kita harus menganalisa kebutuhan mereka secara detail. Coba pikirkan tujuan bisnis anda dalam hati dan buat beberapa rencana tentang apa yang harus website kita miliki. Jalankan pula riset market untuk mengetahui kebutuhan spesifik mengenai barang dan jasa dalam suatu daerah, caranya bisa menggunakan survey. Simpan baik-baik feedback dari pelanggan untuk mendapatkan ide tentang apa yang mereka harapkan dari  anda.


Mulai menggunakan posting blog dan video ‘how-to’


Video yang berisi instruksi merupakan potensi untuk mengedukasi pelanggan daripada menggunakan photo dan text.  Karena dengan video, ide-ide segar dapat muncul begitu produk di demonstrasikan. Hal ini lebih berpengaruh dari pada menggunakan text saja. Video dapat memaparkan ide-ide kreatif dengan lebih efektif. Untuk lebih menarik perhatian, pastikan video anda berkulitas tinggi, tidak terlalu panjang atau pendek.


Menggunakan Tools


Di masa kini, media sosial merupakan kebutuhan bagi berbagai tipe organisasi. Ada satu tool yang dapat membantu anda untuk mengetahui dan mengikuti perkembangan follower dari akun twitter yang anda miliki, yaitu followerwonk . Tool ini menyediakan grafik yang dapat menggambarkan aktivitas anda pada lingkungan media sosial. Anda juga dapat membandingkannya dengan kompetitor. Selain tools ini, juga terdapat beberapa tools lainnya antara lain Socialmotus, Conversocial dan HootSuite yang memiliki kegunaan hampir sama.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama